Powered By Blogger

Jumat, 27 Agustus 2010

Dampak Positif dan Negatif Facebook

Facebook, mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Ya, facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang sangat digemari masyarakat saat ini. Mulai dari anak - anak sampai orang tua, siswa sampai mahasiswa, dan sebagainya. Dan sudah sewajarnya, setiap teknologi baru,  pasti mempunyai dampak positif dan negatif. Begitu juga dengan facebook, punya dampak positif dan negatif juga. Berikut ini beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan facebook :

Dampak Positif :

Mempererat silaturahmi
Mungkin yang utama dari facebook adalah mempererat silaturahmi. Karena bisa saling berintraksi dengan orang lain, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Mengetahui potensi diri
Dalam facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat untuk mengetahui potensi dalam diri kita. Namun, kita juga harus tetap waspada, karena sebagian kuis yang terdapat dalam facebook mengandung unsur - unsur ramalan, dan sudah tentu kita tahu bahwa percaya pada ramalan adalah syirik.

Media promosi
Jelas, facebook bisa digunakan sebagai media promosi, entah itu mempromosikan produk, jasa, instansi, atau hal lain. Bahkan, pada saat pemilu legislatif kemarin, sebagian caleg juga menggunakan facebook untuk media kampanyenya.

Sarana diskusi
Di facebook kita bisa bergabung dengan berbagai komunitas / grup.

Tempat curhat
Kalau kita lagi dapet masalah, kita tinggal update status facebook kita dengan masalah yang sedang kita hadapi, mungkin ada orang yang peduli sama kita dengan memberikan nasihat untuk menyelesaikan masalah. Tapi tentu saja tempat curhat terbaik tetap, Allah SWT, yang bisa menunjukkan jalan keluar atas setiap masalah yang kita hadapi.

Dampak Negatif :

Banyak waktu yang terbuang sia-sia karena kita sering menggunakan facebook.

Boros duit
Biasanya kita sering menggunakan facebook dengan perantara warnet atau hp. Itu yang membuat kita boros dalam penggunaan uang.

Malas belajar
Karena kita sering menggunakan facebook, akibatnya secara tidak langsung, kita mengalami apa yang namanya... pembodohan yang menyenangkan. Tidak mengerjakan tugas yang seharusnya kita kerjakan.

Memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas.
Namanya juga dunia maya, dunia tanpa batas, seseorang bisa menjelma menjadi siapa saja dan berbuat apa saja, baik atau buruk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar